Looking something in United Travelers? just Search in!

Friday, July 5, 2013

Derawan Adventure 2013: Amazing East Borneo

DERAWAN ADVENTURE JULY 2013

Kepulauan Derawan adalah kepulauan yang terletak di sebelah Timur Kalimantan, Merupakan daerah wisata yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Setempat.

Kepulauan Derawan menawarka wisata bahari yang sangat menggoda seperti berenang bersama penyu, ikan pari, atau eksporasi wall reef yang ada di Pulau Kakaban dan Maratua. . Kepulauan Derawan memiliki keunikan terutama di Pulau Kakaban, yaitu danau Kakaban. Danau Kakaban unik karen danau tersebut diisi campuran air payau dari air hujan dan air laut melalui rembesan pori-pori tanah.Kepulauan Derawan terdiri dari 4 Pulau yang seringkali menjadi tujuan wisata, yaitu Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Kakaban, dan Pulau Sangalaki

Kepulauan Derawan dapat dijangkau dengan 3 Cara/ Rute yaitu:

Rute I:
Terbang menuju Balikpapan kemudian transit menuju Bandar Udara Kaliamarau di Berau. menggunakan angkutan darat menuju Tanjung Batu untuk menyebrang menggunakan kapal menuju Pulau Derawan. Untuk keliling di Kepulauan harus menggunakan penyewaan kapal yang berada di Pulau Derawan, namun kapal-kapal yang disewakan di Pulau Derawan cenderung cukup mahal dan kapasitas penumpang kecil (hanya untuk 3 orang + 1 Awak kapal/ Guide)

Rute II:
Terbang menuju Tarakan kemudian menyewa kapal di Pelabuhan Tarakan. Rute ini cukup efisien bila kita datang dengan rombongan diatas 5 - 10 orang, karena penyewaan kapal di Tarakan cukup murah (sekitar 6 - 8 Juta Rupiah -Harga tahun 2013- perkapal dengan kapasitas 10 Orang + 3 Awak Kapal) dan kapal akan mengantar anda mengelilingi kepulauan Derawan.

Rute III:
Terbang Menuju Balikpapan, kemudian menggunakan jalur darat menuju Tanjung Batu (24 jam Perjalanan darat). Rute ini sangat efisien secara dana, sangat cocok bagi anda yang memiliki cukup waktu dan suka bertualang karena bisa mampir-mampir selama perjalanan.

dari 3 rute, kami (UnitedTravelers) memilih rute ke 2, terbang menuju Tarakan kemudian menyewa kapal boat disana, yah inilah kisah kami selama mengarungi Kepulauan Derawan.

DAY I

TARAKAN ISLAND
Tiba di Tarakan pukul 9 Pagi dengan menggunakan Singa Terbang, langsung terkejut dengan kondisi terminal Tarakan yang Memperihatinkan.. Padahal Tarakan adalah terminal internasional... namun terlihat terminal baru yang sedang dibangun (yang akhirnya saya kunjungi 3 minggu kemudian dalam kedinasan). setelah berfoto-foto di Apron, foto-foto depan terminal kami langsung ke mobil yang sudah kami sewa (satu paket dengan kapal dan penginapan) dan menuju Pelabuhan Tarakan. di pelabuhan kami langsung ke kapal sewaan dan langsung menuju Pulau Derawan.

DERAWAN ISLAND
Perjalanan dengan kapal sekitar 3 Jam dari Pelabuhan Tarakan. kami sempat terhambat cukup lama karena Kondisi Laut sedang ombak tinggi di tengah perjalanan, namun mendekati Pulau Derawan air laut sedang surut dan landai. Karena takut merusak terumbu Karang, kapal kami terpaksa berputar putar mencari jalan masuk kepulau tersebut.
sesampainya di Pulau Derawan kami langsung bersandar di dermaga penginapan. Penginapan Kami adalah Penginapan Dermaga, karena posisi dermaga kami di ujung dermaga kami bisa langsung melihat penyu yang sedang melintas di depan kami.

PENGINAPAN KAMI DI PULAU DERAWAN

Bila tertarik menginap dipenginapan yang sama dengan kami, mobil, dan kapal, silahkan hubungi Anggi, sang PIC penginapan dan Akomodasinya.

Setelah menaruh Barang kami langsung ber-foto-ria di anjungan dermaga dekat cottage kami

*NB: Foto2 aktifitas narsis terpaksa dikandangin dulu... ^_^

Aktifitas Anak Pulau Derawan
Aktifitas Anak Pulau Derawan (Bagi dooonk deek sosisnyaa)

Setelah puas bernarsis ria kami memutuskan berkeliling Pulau Derawan, ini foto-foto saya pada saat berkeliling pulau Derawan

Setelah berkeliling sampai ujung utara pulau kami menemukan pos Marinir di sana, sempat mengobrol dan sempat bernarsis narsis ria (lagi), kemudian salah satu Marinir menegur kami eh! memanggil kami.
pada saat kami samperin ternyata dia menunjukan 2 ekor penyu sedang bercengkrama di perairan dekat kami (sayang pantulan cahaya matahari menyebabkan saya sulit mem-foto moment tersebut, sial! merasa menyesal meminjamkan CPL kepada teman saya sebelum berangkat kesini)  Marinir menceritakan bahwa penangkapan penyu liar sangat mengancam populasi penyu di derawan. sekitar 100 ekor penyu setiap minggunya dicuri dan dijual ke Bali, saya dan teman-teman sangat sedih mendengar cerita Marinir tersebut.

Aniwey, pos marinir disana sangat bisa menjadi site fotografi yang unik, hehehe ini foto-foto saya disana:

Setelah lelah jalan-jalan mengelilingi pulau Derawan akhirnya kami memutuskan untuk ke penginapan... ok ini waktu favorit saya untuk hunting foto...ufuk setelah sunset sudah terlihat sedikit bintang namun belum gelap :)

ngobrol ngalar ngidul sampai tengah malam akhirnya kami tidur di penginapan...

DAY II

Masuk hari ke 2 saatnya kami ber- snorkling ria di Maratua, dan Kakaban...

PULAU MARATUA
Tujuan pertama adalah Pulau Maratua, Sebenarnya Perairan di Pulau Maratua merupakan site untuk diving karena terdapat wall reef disana, namun karena kami hanya bersnorkling ria, kami hanya merasakan berenang bersama penyu disana...

PULAU KAKABAN
Ada 2 site penting yang ada disini, yaitu danau Kakaban, yaitu danau air campuran yang ada disana menyebabkan ubur-ubur di danau tersebut ber-adaptasi menjadi pemakan plankton bukan ikan. menyebabkan ubur-ubur disana tidak memiliki racun dan dengan bebasnya kita sentuh

setelah itu kita makan siang di dekat danau Kakaban dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan snorkling di perairan Pulau Kakaban. kali ini spot yang sangat bagus untuk snorkeling, dimana wall reef-nya sangat dekat dengan batas laut. sehingga kita dapat melihat dan disanapun banyak ikannya.

setelah Snorkeling kami melanjutkan perjalanan ke....

PULAU SANGALAKI
Pulau Sangalaki adalah pulau  konservasi penyu, banyak penyu bertelur di pulau itu, namun sayangnya akibat pemburuan Penyu liar sekarang sudah sedikit penyu yang bertelur disana

setelah puas berkelana di 3 pulau tersebut kami kembali menuju Pulau Derawan, dan lagi keliling desa untuk cari oleh-oleh disana..
Si Sarah nyari teripang untuk oleh2... rupanya teripang disana murah euy!

Seluruh dokumentasi di hari ke 2 perjalanan kami sedikit terganggu, iphone ada yang kelelep dan canon G12 berenang bebas di Danau Kakaban. daan saya hanya membawa Gopro Hero 3 kesayangan saya, jadi sangat sedikit foto yang ada di saya, namun sebagai gantinya kami mendapat Video yang cukup bagus, sayangnya saya belum punya waktu untuk menyelesaikan video tersebut.

DAY III

Lelah mendera kami kesiangan bangun di penginapan, akhirnya kami langsung pulang menuju Tarakan tidak sempat foto2, namun saat akan berangkat kami terhalang badai... setelah menunggu sekitar 1 jam, badai reda dan kami melanjutkan perjalanan kembali ke Pulau Tarakan.

setibanya disana, karena masih ada waktu sebelum penerbangan, kami berkeliling Tarakan untuk mencari kepiting Soka, setelah memesan Kepiting Soka kami mengisi waktu dengan menjambangi Bekantan, berfoto2 ria sekitar 1 jam kemudian kembali ke restoran. setelah makan kepiting kamipun menuju bandara untuk kembali ke Jakarta... yup.. selesailah pertualangan kami di Tarakan...